VEGETARIAN RENTAN KEKURANGAN VITAMIN

Anda mungkin hanya mengenal beberapa vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, D dan A. Ada satu vitamin yang sebaiknya tidak Anda sepelekan, yakni vitamin B12.
Kekurangan vitamin B12 memang tidak bisa terdeteksi selama bertahun-tahun. Kekurangan vitamin ini baru Anda akan sadari ketika akhirnya Anda mengalami kelelahan yang parah, sesak napas dan kelemahan otot, mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki.

Hasil gambar untuk pola hidup tidak sehat
source image : Biobeneficios

Anda perlu tahu bahwa vitamin B12 sangat penting untuk sistem saraf dan menciptakan DNA serta RNA. Anda membutuhkan B12 untuk menjaga segala hal mulai dari suasana hati atau mood hingga pencernaan.
Anda mungkin merasa sudah cukup minum vitamin atau tidak menyadari bahwa tubuh Anda sedang kekurangan vitamin B12. Jika salah satu atau lebih dari tanda-tanda berikut ini terjadi pada Anda, ada baiknya untuk mulai perhatikan asupan vitamin B12, dilansir dari Rodalewellness, Senin (9/1/2016).
1. Menderita diabetes dan penyakit autoimun
Masalah gula darah dan kelainan lain seperti lupus, bisa merupakan pertanda tubuh Anda kurang menyerap vitamin B12 dengan baik. Bahkan, apabila Anda sudah banyak mengonsumsi daging untuk menambah asupan B12, Anda mungkin masih perlu untuk mengambil suplemen vitamin B12.
Kadar vitamin B12 yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta depresi, gangguan kecemasan, Alzheimer, autisme dan penyakit mental.
2. Minum obat maag
Masalah perut dan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung atau maag dapat mencegah tubuh Anda menyerap lebih banyak vitamin B12. Karenanya, perhatikan asupan obat maag sekaligus vitamin B12 Anda.
3. Vegetarian
Satu-satunya cara untuk mendapatkan asupan vitamin B12 yang tinggi adalah dengan mengonsumsi daging. Jika Anda vegetarian dan menghindari produk hewani, bisa dipastikan Anda mengalami defisiensi B12. Inilah salah satu penyebab kebanyakan vegetarian memiliki kulit yang pucat dan lemah.
4. Usia lebih dari 50 tahun
Pertambahan usia bisa menghambat kemampuan Anda untuk menyerap vitamin B12 dari diet atau makanan Anda. Tak hanya mengalami kekurangan vitamin B12, seiring bertambahnya usia Anda juga bisa mengalami gejala kekurangan B12 seperti perubahan ingatan atau kurangnya stamina. Jika Anda berusia lebih dari 50 tahun, minum suplemen B12 untuk menambah kekuatan dan tetap sehat.
Kekurangan vitamin B12 memang dapat mengganggu kesehatan sekaligus sangat mudah untuk menghindari kekurangan B12. Vitamin B12 merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga ginjal Anda dapat mengeluarkan sisanya yang ada dalam tubuh. Ini membuat vitamin B12 aman dikonsumsi tanpa efek samping.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*