MENOPAUSE DINI SEBABKAN WANITA TERKENA RISIKO SERANGAN JANTUNG

Lebih kurang 50 persen perempuan yang menopause sebelum usia 45 tahun berisiko mengalami agresi jantung dibandingkan perempuan yang mengalami menopause di usia 50-an tahun ke atas.
Di umumnya, wanita menopause di atas usia 51 tahun. Saat mencapai menopause, tubuh secara alami berhenti menghasilkan hormon estrogen dan hormon-hormon lainnya.
Di dunia ini ada sekitar satu dari 10 perempuan yg mulai menopause di usia dini. Paling tak, terdapat satu berasal 1.000 perempuan yg menopause sebelum usia 30 tahun. Lalu, ada satu asal 100 wanita yg menopause sebelum berusia 40 tahun.

menopause dini
source image: fronthealthpost.com

Menopause yang terlalu cepat rupanya membentuk kadar estrogen juga menurun. Hormon tersebut memiliki kemampuan hebat dalam menjaga kesehatan jantung, mirip diungkap peneliti asal Erasmus University Medical Centre di Belanda seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (15/9/2016).
“dalam pembuluh darah, estrogen berperan membentuk pembuluh darah melebar sehingga membantu mengakomodasi sirkulasi darah menggunakan baik. Saat terjadi penurunan estrogen membuat pembuluh darah jadi kaku,” kata peneliti pada studi yang dipublikasikan JAMA Journal.
Pada studi ini peneliti melakukan analisis terhadap 32 studi yang melibatkan 310.000 wanita. Mereka membandingkan pengalaman perempuan yang menopause lebih muda dari 45 tahun dan yang lebih berasal 45 tahun.
Ternyata, yg alami menopause dini cenderung 50 persen terkena penyakit jantung koroner. Kemudian lebih kurang 11 persen mati akibat agresi jantung, dan 12 persen mangkat lebih cepat dampak hal-hal lainnya.
Lewat yang akan terjadi penelitian ini para ilmuwan berharap perempuan perlu menyadari penyebab serangan jantung bukan hanya soal berat badan berlebih, tapi pula usia pada waktu menopause. Sebagai akibatnya mampu dilakukan hegemoni menjaga jantung sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*